Selasa, 25 Januari 2011

Pong (part 4) AI

Sedikit nambahin buat program Pong yang sudah kita buat. Kita sudah membuat game pong yang dapat dimainkan oleh 2 orang, dengan kontrol Keyboard dan Mouse.
Nah, disini aku pingin sedikit latihan memodifikasi pong kita, agar kita bisa bermain melawan komputer. Untuk itu, kita akan membuat komputer seolah-olah bisa berfikir, atau mempunyai kecerdasan buatan (AI).

Kecerdasan buatan yang akan kita buat, sangat-sangat sederhana. Logikanya adalah, gerak bet komputer selalu mengikuti gerak/posisi bola. Jadi, cukup mengisi nilai koordinat y bet dengan koordinat y bola, akan membuat komputer bisa bermain melawan kita :)

Ok, untuk koding, kita update pada prosuder Update.
Ubah koding berikut
if (kb.IsKeyDown(Keys.Up)) betLoc[1] -= (float)gameTime.ElapsedGameTime.Milliseconds * 0.5f;
if (kb.IsKeyDown(Keys.Down)) betLoc[1] += (float)gameTime.ElapsedGameTime.Milliseconds * 0.5f;
yang merupakan kontrol bet menggunakan keyboard, dengan koding sbb:
betLoc[1] = ballLoc.Y;
Coba test dengan F5.
Dengan AI yang telah sematkan tersebut, komputer menjadi lawan yang tangguh, dan ga mungkin kalah..hehe.
Anda bisa bereksperiment dengan menggunakan random, atau yang lainnya, agar sesekali komputer tidak bisa menangkap bola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar